Minggu, 15 Juli 2012

BATIK TASIK (part III)

Berikut ini beberapa motif lagi dari Batik Tasik selain dari motif-motif yang sudah dijelaskan sebelumnya. Selamat menikmati... :D

Akar


Motif Akar merupakan gambaran rangkaian akar yang saling berkaitan sehingga membentuk satu kekuatan yang utuh yaitu, kekuatan persatuan dan kesatuan yang memiliki dasar adikodrati. Manusia memiliki akar kepribadian, akar budaya dan akar bangsanya masing-masing. Perbedaan yang ada hendaknya menjadi kekuatan untuk tidak saling merusak antara satu akar budaya dengan akar budaya yang lain.

 Motif Akar
Ramat Lancah 

Motif Ramat Lancah, yang dalam bahasa Indonesia berarti jaring laba-laba dan melambangkan kehidupan.


Motif Ramat Lancah


Bangau di Rawa

Motif Bangau di Rawa dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan sama seperti motif Pisang Bali. Di Cina, burung bangau juga menjadi simbol kekayaan karena pengucapannya dalam bahasa Mandarin yang sama dengan 'gaji'.

Motif Bangau di Rawa

 Pisang Bali


Motif Pisang Bali termasuk ke dalam batik Sukapura (Sukarajaan). Motif ini juga dipercaya oleh sebagian masyarakat dapat membawa keberuntungan dan sering dipakai oleh kaum pedagang.

Motif Pisang Bali

Awi Ngarambat


Motif Awi Ngarambat atau rumpun bambu merupakan motif yang mendapat pengaruh dari Cina yang memiliki simbol kerendahan hati dan kesopanan.


Motif Awi Ngarambat



Sekian dulu untuk hari ini, masih banyak lagi motif-motif yang lainnyaa..silahkan ditunggu lagiiii :))

to be continued


Refrensi:
The Dancing Peacock, Colours and Motif of Priangan Batik, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama, 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar