Sabtu, 10 Agustus 2013

MENGENAL AKSARA SUNDA



Haloo.. lama tak jumpa yaaa :)). Kali ini saya akan mengulas aksara Sunda, untuk kelanjutan Batik Tasiknya disimpan dulu yaa.. nanti pasti disambung lagi, hehe. 
Silahkan dinikmati Aksara Sunda-nya... ^_^ . 



Aksara sunda merupakan aksara (huruf) yang berasal dari tanah sunda, merupakan huruf yang di gunakan sebagai penulis bahasa sunda pada zaman dahulu kala. Aksara sunda terbagi menjadi dua, yaitu aksara sunda baku, dan aksara sunda kuna. Aksara sunda baku merupakan aksara yang sudah di sesuaikan, berdasarkan aksara sunda kuna. Jadi intinya aksara sunda baku merupakan anak atau penyempurnaan dari aksara sunda murni atau kuna. 

Fungsi aksara sunda yang sebenarnya adalah untuk menuliskan bahasa sunda di zaman dahulu, tetapi seiring masuk nya pemerintahan belanda aksara sunda mengalami kepunahan, karena pada waktu itu pemerintah belanda melarang segala sesuatu yang berbau budaya. Dan masuk lah huruf alphabet seperti yang kita kenal sekarang. Namun bukan berarti aksara sunda hilang begitu saja. Belakangan ini banyak sekali komunitas-komunitas pemuda di daerah tatar sunda yang mempelajari kembali aksara sunda, mengadakan pembelajaran aksara sunda kepada khalayak. Dinas pariwisata dan kebudayaan pun tidak mau kalah dalam membangkitkan rangkaian huruf yang sudah lama menghilang, cara nya dengan menuliskan nya di buku-buku pelajaran, pengenalan di museum-museum, dan membuat monument dengan tulisan yang menggunakan aksara sunda. 


Nah untuk anda yang bersuku bangsa sunda maupun yang bukan, namun tertarik untuk mempelajari aksara sunda, tidak ada salah nya kalau mengikuti berbagai kegiatan pengenalan kembali aksara sunda. Selain mendapat ilmu anda juga berperan dalam menjaga kelestarian budaya.

1 komentar:

  1. Urang Sunda urang ngamumule bahasa sareng aksarana.. like This..!

    BalasHapus